Timnas Pelajar U-15 Digojlok di Cimahi

Posted by

MAUNGBANDUNG.NET-Lapangan Pusdikjas Kodiklat TNI AD di Cimahi menjadi kawah candradimuka bagi Timnas Pelajar U-15 Kemenpora RI yang akan mengikuti turnamen internasional Iber Cup Estoriil di Portugal
pada 1-6 Juli 2019.

Sebanyak 22 pemain hasil seleksi yang dilakukan Badan Sepakbola Pelajar Indonesia (Blispi) menjalani pemusatan latihan selama lima hari, yang dimulai Rabu (20/3/2019) sampai Minggu (25/3/2019).

Para putra terbaik bangsa yang berasal dari Aceh hingga Papua itu akan dilatih oleh legenda sepak bola Indonesia, Aples Gideon Tecauri.

Manajer Timnas Pelajar U-15, Ray Manurung mengatakan,sengaja memilih pemusatan latihan di lingkungan militer seperti Pusdiklat Kodiklat. Sebab, selain mental yang terasa, para pemain juga akan terbentuk dan terbangun kedisiplinannya.

“Pada pemusatan latihan pertama ini rencananya kami akan melakukan dua kali uji coba,”ujar Ray saat ditemui Pusdijkas Kodiklat, Rabu (20/3/2019).

Setelah pemusatan latihan pertama ini para pemain akan mengikuti ujian SMP.Selanjutnya mereka dijadwalkan melakoni pemusatan latihan kedua selama satu bulan penuh.

“Kami berangkat ke Portugal 25 Juni, satu Minggu sebelum turnamen untuk penyesuaian cuaca,” katanya.

Pada turnamen bergengsi itu, Timnas Pelajar U-15 akan berhadapan dengan akademi sepak bola internasional,diantaranya akademi sepak bola Juventus, Real Madrid, Mancheseter City,dan Manchester United.

Menurut Ray,target tertinggi Timnas Pelajar U-15 dalam turnamen nanti adalah juara. Namun, sesuai kesepakatan dengan Kemenpora RI, minimal para pemain masa depan sepak bola Indonesia ini bisa mendapat pembinaan dan wawasan seluas-luasnya.

“Kita berharap secara teknis ada peningkatan dan mental mereka terasah. Untuk itu, kita naikan ke level pertandingan tertinggi di dunia,” jelas Ray.

Seleksi Ketat
Komandan Pusdikjas Kodiklat TNI AD, Kolonel Infantri Waris Ari R sangat bersyukur atas kepercayaan yang diberikan kepada Pusdikjasad dalam pelaksanaan Pemusatan Latihan Timnas Pelajar U-15 Kemenpora yang disiapkan untuk mengikuti turnamen di Portugal.

“Saya sangat mendukung atas program yang dicanangkan Kemenpora dalam melaksanakan kegiatan yang bertujuan mengangkat anak-anak Indonesia di dunia sepakbola,” kata Waris.

Menurutnya,Pusdikjasad akan turut memberikan pelatihan terkait kedisiplinan. Mulai dari kedisiplinan bangun pagi hingga kedisiplinan saat latihan serius dan saat santai.

Timnas Pelajar U-15 terbentuk melalui serangkaian seleksi yang berjalan ketat diawali dari turnamen antar pelajar di seluruh Indonesia yang melibatkan sekitar 70 ribu pemain.

Selanjutnya tim penyeleksi yang terdiri dari 7 orang pemandu bakat memilih 100 pemain untuk mengikuti seleksi di Pusdikif Bandung.Pada tahapan seleksi ini terjaring 40 pemain.

Kemudian 40 pemain ini menjalani seleksi pada 15 sampai 19 Maret di Bandung dan 40 terpilih 22 pemain skuat inti Timnas Pelajar U-15 yang disiapkan ke Portugal.

Ke 22 pemain itu adalah Lalu, Raka, Firlan, Adam, Rorisi, Sahrul,Kadek,Ardyansyah,Mikael,Mukmin,Desman, Emerson,Masya, Rayhan,Ricardo, Rohan,Adriano,Bahari,Marselo,Jembris ,Donny,dan Syafiudin.(KRESNADI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *