Piala Presiden Selalu Lahirkan Juara Baru

Bagikan  
PIN IT! shadow

MAUNGBANDUNG.NET-Turnamen sepak bola Piala Presiden digagas oleh Mahaka Sports and Entertainment pada 2015, sebagai pengganti Liga Super Indonesia setelah PSSI terkena sanksi FIFA pada bulan Mei 2015.

Edisi pertama turnamen ini dibuka di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada 30 Agustus 2015.

Partai puncak turnamen tersebut berlangsung pada 18 Oktober 2015 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Persib Bandung sukses menjadi kampiun setelah di final menang 2-0 atas Sriwijaya FC.Piala bergengsi itu diserahkan langsung oleh Presiden RI,Joko Widodo di hadapan puluhan ribu penonton yang didominasi bobotoh Persib.

Pada 2016 Piala Presiden tidak digelar,sebagai gantinya PT Gelora Trisula Semesta menggagas turnamen satu musim bertajuk Indonesia Soccer Championship (ISC).

Setahun kemudian, PSSI yang telah terbebas dari sanksi FIFA mengagendakan kembali turnamen Piala Presiden 2017 yang diikuti 20 klub.

Pada edisi kedua ini Piala Presiden diboyong Arema FC setelah mengalahkan Pusamania Borneo FC dengan skor telak 5-1 pada partai final di Stadion Pakansari,Kabupaten Bogor.

Pada tahun 2018, PSSI kembali menggelar Piala Presiden 2018. Ajang ini menjadi pemanasan jelang gelaran Liga 1 2018.

Kali ini giliran Persija Jakarta yang naik podium sebagai kampiun.Pada partai puncak yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno,Jakarta,Macan Kemayoran mencukur Bali United tiga gol tanpa balas.

Pada 2019 PSSI kembali menggelar Piala Presiden untuk keempat kalinya,diikuti 20 tim.Peserta terbagi dalam lima grup yang masing-masing terdiri dari empat tim.Setiap juara grup dan tiga runner up terbaik berhak lolos ke babak delapan besar.

Pembukaan Piala Presiden 2019 dihelat di Stadion si Jalak Harupat,Kabupaten Bandung,Sabtu,2 Oktober 2019.Partai final diagendakan berlangsung 12 April mendatang.

Dari tiga kali gelaran,Piala Presiden selalu dijuarai tim yang berbeda.Menarik untuk ditunggu,apakah akan lahir lagi juara baru,atau ada tim yang meraih gelar untuk kedua kalinya ?.(KRESNADI)

maungbandung

Penulis maungbandung