Persib Ikuti Jejak Barcelona

Posted by

MAUNGBANDUNG.NET-PT Persib Bandung Bermartabat memiliki klub yang berlaga di kompetisi kasta kedua Indonesia alias Liga 2 dengan nama Persib B.

Nama Persib B muncul setelah PT PBB resmi mengakuisisi Blitar United. Hal itu dipastikan setelah terbitnya surat dari federasi tertinggi sepakbola Indonesia, yakni PSSI, pada 3 Juni 2019 lalu.

Melalui surat nomor: 1815/UDN/401/VI-2019 tertanggal 3 Juni 2019, PSSI secara resmi memutuskan Blitar United harus mutasi ke Kota Kembang sehingga dilakukan perubahan mengenai pemindahan grup Blitar United FC di Liga 2 musim ini.

Direktur PT. PBB, Teddy Tjahyono, membenarkan adanya akuisisi tersebut.Diakuinya bahwa sudah sejak lama manajemen membidik klub di Liga 2 untuk diproyeksikan jadi tim satelit bagi Persib.

“Kebetulan, Blitar United sedang membutuhkan investor baru untuk menjamin kelanjutannya di Liga 2,”ujar Teddy seperti dikutip IDN Times.

Menurut dia,hal itu dilakukan untuk mendukung pembinaan pemain muda Persib agar bisa matang setelah menempa diri di Persib U-16 dan U-18.

Sebelumnya PT PBB sudah memiliki tim satelit di Liga 3 yakni Maung Anom.Dengan begitu Persib pionir sekaligus menjadi satu-satunya tim Tanah Air yang memiliki tim satelit di tiga kasta berbeda.

Kepemilikan klub satelit memang merupakan barang langka di Indonesia.Namun di Eropa sudah biasa.Di Spanyol ada Barcelona B dan Real Madrid Castilla yang berlaga di kasta kedua, Segunda Division.

Masalahnya bagaimana jika Persib B berhasil menjadi juara di Liga 2 dan berhak promosi ke Liga 1. Mungkinkah, kedua klub yang dimiliki badan hukum sama bisa tampil dalam satu level kompetisi?

Mengacu pada statuta FIFA, hal itu sudah tentu dianggap melanggar aturan cross ownership (kepemilikan silang klub).Aturan FIFA menyebut bahwa tak diizinkan seorang pun memiliki dua klub atau lebih di level kompetisi yang sama.

Hal ini pernah terjadi di Spanyol.Jalan keluarnya Federasi sepak bola Spanyol mengambil keputusan tim B yang berhasil menjuarai Liga 2 tidak boleh promosi ke kasta elite.Ini pernah dirasakan Barcelona B dan Real Madrid Castilla yang berhasil jadi kampiun di Segunda Division.(BUDI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *