Kemenpora Gelar Kompetisi Sepak Bola Berjenjang 5 Kelompok Usia

Posted by

MAUNGBANDUNG.NET-Ratusan ribu pesepakbola dari 450 kabupaten/kota di 34 provinsi siap berlaga pada Liga Sepak Bola Berjenjang 2019.Kompetisi ini mempertandingkan lima kelompok usia yakni U-12, U-14, U-16, Liga Mahasiswa U-21, dan U-17 putri.

Liga Sepak Bola yang akan berlangsung sampai September 2019 ini resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga,Imam Nahrawi di lapangan sepak bola Universitas Pendidikan Indonesia (UPI),Bandung,Sabtu (16/3/2019).

Liga Sepak Bola Berjenjang digelar mulai dari tingkat kabupaten dan kota,kemudian provinsi ,dan puncaknya di tingkat nasional.

Deputi Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga,Raden Isnanta menjelaskan kelompok usia 12 akan dihelat di 450 kabupaten/kota,U 14 di 319 kabupaten/kota,U 16 di 202 kabupaten/kota,U 21 mahasiswa di 34 provinsi.

“Seri kabupaten/kota akan berakhir di bulan Juni.Selanjutnya juara kabupaten/ kota akan berlaga pada seri provinsi,Juli sampai Agustus,”ujar Isnanta.

Para kampiun seri provinsi,menurut Isnanta akan bertanding dalam seri nasional pada Agustus-September mendatang.Putaran final U 12 di Palembang,U 14 di Solo,U 16 di Banten ,U 17 Putri di Bandung,serta U 21 di Yogyakarta.

Menpora Imam Nahrawi dalam sambutannya mengatakan Kementerian Pemuda dan Olahraga berkomitmen untuk melakukan pembinaan sepak bola mulai dari level grass root.

” Karena dengan adanya pembinaan yang baik dan terstruktur untuk setiap umur, akan mendorong lahirnya bibit-bibit unggul pesepakbola nasional,” kata Menpora.

Menpora berharap, lewat Liga Sepak Bola Berjenjang ini akan ada lahir atlet-atlet hebat nantinya yang bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Menurut Menpora, sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat populer di kalangan masyarakat. Untuk itu, perlu ada komitmen bersama agar sepak bola Indonesia terus berjalan dengan baik.

“Ada komitmen yang harus dikawal bersama-sama untuk memperbaiki sepak bola di Indonesia.Selain itu juga perlu adanya sinergi bersama seluruh kementerian, lembaga dan seluruh stakeholder sepakbola untuk meningkatkan prestasi olahraga ini” papar Menpora.(KRESNADI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *