ITHB Rajai LA Streetball Campus Championship 2019

Bagikan  
PIN IT! shadow

MAUNGBANDUNG.NET-Tim putra Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) membuktikan reputasinya sebagai tim bola basket kampus papan atas di Indonesia dengan menjadi kampiun LA Streetball Campus Championship 2019.

Tim asal Bandung ini merebut gelar juara kompetisi bergengsi yang mempertemukan delapan tim terbaik dari kompetisi Battle of Campus (BoC) dan LA Campus League (LACL), setelah mengalahkan Universitas Surabaya (Ubaya) 60-43 pada partai puncak di C’Tra Arena Bandung,Minggu (10/3/2019).

Duel antara ITHB sebagai juara BoC 2018 kontra Ubaya,runner up LACL 2018 berjalan ketat di dua kuarter awal.Namun memasuki kuarter tiga,perolehan poin ITHB semakin menjauh.

Yudha Saputra menjadi penyumbang poin terbanyak bagi ITHB dengan 17 poin,disusul Petrus Brando dengan 10 poin,serta Darren Benaya yang mencetak 8 poin.

Sementara pencetak poin terbanyak dari Ubaya adalah Habib Titoaji dengan 12 poin,disusul Andreas Kristian Vieri yang menyumbang 11 poin,serta Yoshua Butar-Butar dan Verdy Kurniawan yang sama-sama mencetak 6 poin.

Pelatih ITHB, Ricky Gunawan mengungkapkan kunci kemenangan timnya karena disiplin dalam bertahan dan bisa memaksa tempo permainan agak tinggi.

“Ini tanding kelima,jadi kedua tim sudah sama-sama capek.Cuma ITHB bisa rotasi pemainnya lebih dalam,karena dapat memainkan 9 orang,sedangkan Ubaya hanya 5 sampai 6 orang,jadi mereka lebih lelah,”papar Ricky.

Pada kuarter 3 dan 4,lanjut Ricky selisih poin lebih lebar karena lawan sudah kecapekan.Padahal awal-awalnya selisih perolehan poin kedua tim masih ketat.

Diakuinya Ubaya merupakan lawan paling berat di ajang LA Streetball Championship edisi perdana ini.”Kita sudah ketemu Ubaya di penyisihan.ITHB menang tapi ketat,”ujarnya.

Kompetisi antar kampus ini juga menjadi ajang seleksi untuk mencari penggawa LA Streetball Campus Challenge The World 2019.Tim pelatih LA Streetball CTW 2019 yang dikomandoi Antonius Joko Endratmo telah memilih 10 pemain.

Mereka adalah Yudha Saputra (ITHB),Rioga Deswara (STIE Bakti Pembangunan),M.Aulia (Unpad),Andreas Vieri (Ubaya),Sultan M. (Universitas Telkom),M.Firdan G.(ITHB),Petrus Brando (ITHB),Habib Tito Adji (Ubaya),M.Lakha (STIE Bakti Pembangunan),dan Agus Salim (Universitas Esa Unggul).

Kesepuluh pemain tersebut akan digembleng dalam pemusatan latihan singkat di Jakarta pada 18-25 Maret 2019 dalam rangka persiapan menghadapi tim bola basket di Manila,Filipina pada 26 Maret-2 April 2019.


Menurut Antonius Joko Endratmo,pemilihan pemain tersebut kriterianya berdasarkan statistik penampilan mereka selama kompetisi,kontribusi ke tim serta yang paling utama kebutuhan tim.

“Sesuai kebutuhan tim dalam arti mengacu pada karakter permainan lawan yang akan dihadapi di Filipina nanti,”jelasnya.

Perwakilan LA Streetball,Tries Pondang mengaku LA Streetball Campus Championship 2019 merupakan ajang pertama hasil kolaborasi BoC dan LACL.Artinya ini merupakan tantangan bagi Bandung sebagai tuan rumah untuk menyajikan kemasan yang sangat baik bagi penonton pencinta bola basket di Kota Kembang.

“Kebetulan 8 tim terbaik,4 dari BoC dan 4 dari LACL memiliki kualitas yang sama, sehingga pertandingan sangat kompetitif sejak hari pertama secara individu maupun tim,”tutur Tries.

Pihaknya berusaha membuat kemasan bukan hanya kompetisi,agar penonton dapat menikmati suatu pengalaman,baik di outdoor maupun indoor.

Tries berharap transisi turnamen ini menjadi titik awal kebangkitan kompetisi antar kampus nasional.

“Harapannya kompetisi tidak hanya tahun ini, tapi juga bisa terlaksana tahun depan selama visi dan misi kami sama,”.(BUDI)

maungbandung

Penulis maungbandung