Final Piala Presiden 2019:Ditahan Imbang Arema FC 2-2,Persebaya Kehilangan Poin di Surabaya

Posted by

MAUNGBANDUNG.NET-Tuan rumah Persebaya kehilangan poin pada leg pertama final Piala Presiden 2019,setelah ditahan imbang 2-2 oleh Arema FC di Stadion Gelora Bung Tomo,Surabaya,Selasa (9/4/2019).

Dalam pertandingan ini, Persebaya tidak melakukan perubahan komposisi. Mereka mempertahankan starting eleven saat melawan Madura United. Hasilnya, Persebaya memimpin lebih dulu ketika pertandingan memasuki menit ke-7. Umpan jauh dari Otavio Dutra bisa diterima dengan apik oleh Irfan Jaya. Dengan tenang, pemain asal Bantaeng ini melepaskan tembakan melengkung mengarah ke pojok kiri gawang Arema FC yang dikawal oleh Kurniawan Kartika Ajie.

Tak lama berselang, gawang Persebaya mendapat ancaman. Namun, Miswar Saputra kiper Persebaya dengan sigap menghalau bola liar yang mengarah ke gawangnya. Pemain asal Aceh begitu gemilang menghentikan serangan Arema FC.

Meski begitu, gawang Persebaya harus bergetar pada menit ke-32. Gelandang Arema FC Hendro Siswanto membuat Miswar Saputra memungut bola dari gawangnya. Skor berubah menjadi 1-1. Arema FC mengurung pertahanan Persebaya. Beruntung, lini depan Arema FC, kurang begitu baik memanfaatkan peluang yang diperoleh.

Kedua tim terus berusaha mencetak gol kedua. Namun hingga babak pertama usai tidak ada gol tambahan yang tercipta, sehingga skor sama kuat 1-1 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua Persebaya langsung menggebrak pertahanan Arema FC . Namun, aksi Manuchehr Jalilov tidak menemui sasaran. Bahkan, pemain asal Tajikistan ini kembali mengancam gawang Arema FC. Sayang tembakannya masih terlalu pelan. Bola dengan mudah diselamatkan Kurniawan Kartika Ajie. Persebaya terus menggempur Singo Edan – julukan Arema FC.

Memasuki menit ke-60, Arema FC sendiri juga meraih peluang emas melalui aksi Riky Kayame. Setelah menerima umpan jauh dari Dedik Setiawan, striker asal Papua tersebut melepaskan tembakan ke arah gawang Green Force. Beruntung, bola bisa diselamatkan oleh kiper Persebaya Miswar Saputra.

Persebaya berpeluang membalikkan skor dari situasi set piece. Amido Balde dijatuhkan oleh Hamka Hamzah di dalam kotak penalti. Damian Lizio yang menjadi eksekutor sukses menaklukan Kurniawan Kartika Ajie pada menit ke-72. Skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Persebaya.

Namun, keunggulan ini tidak bertahan lama. Makan Konate membuat skor kembali imbang pada menit ke-78. Gol tendangan bebasnya tidak dapat dijangkau oleh Miswar Saputra. Skor 2-2.

Dari pinggir lapangan terlihat pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman terus saja menginstruksikan anak asuhnya untuk tetap menyerang pertahanan Arema FC. Sayang, hingga penghujung laga, Persebaya tak mampu menambah gol. Hingga peluit panjang berbunyi, skor imbang 2-2 tidak berubah.

Masih ada kesempatan bagi Persebaya pada leg kedua di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jumat mendatang (12/4/2019). Mereka harus mampu mencuri kemenangan dengan skor berapa pun. Tak hanya itu, hasil imbang dengan skor 3-3, 4-4 tetap dapat membuat Persebaya menjadi kampiun Piala Presiden 2019. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *